Kamu Berisiko Jadi Korban Kejahatan Dunia Maya Kalau Melalaikan Hal-Hal Sepele Ini!

Kamu mungkin udah merasa aman saat ini. Jangankan satpam, nyokap-bokap bahkan udah sewain bodyguard khusus yang jago silat untuk jagain kamu. Hayo, sapa lagi coba yang berani macam-macam?!



Ya mungkin di dunia nyata, kamu aman. Tapi bagaimana saat kamu online di dunia maya? Yakinkah kamu kalau benar-benar bakal terbebas dari tangan-tangan jahil para hackers? Atau, jangan-jangan kamu selama ini udah meremehkan aturan baku yang berlaku di dunia cyber? Jangankan meremehkan, wong aturannya apa aja, aye kagak tahu kok gan, garuk-garuk kepala..

Jadi gini, pihak..err…nggak tahu pastinya juga pihak mana, yang jelas dari Amrik sono, ternyata udah netapin beberapa aturan dasar soal dunia online, seperti:

1.       Selalu baca dulu term and condition alias syarat dan ketentuan, jangan mau centang atau klik aja
2.       Jangan pakai 1 password yang sama untuk beberapa akun, entah email, media sosial, dll
3.       Jangan kebanyakan curcol, apalagi kalau yang semacam 「lagi antri di bank nih」, baru beli rumah (trus ditulis pula alamat lengkapnya..wedew), mobil, atau perhiasan, karena bisa mengundang orang lain yang baca untuk berbuat kejahatan

Tapi gaes, ternyata bukan hanya kamu aja yang mungkin lalai dalam hal beginian. Pihak OnePoll di Amerika Serikat sana pernah melakukan survei terhadap 2000 orang. Mereka cukup kaget juga lho dengan hasilnya.

Memang nggak semua tapi coba bayangkan, sebanyak 82% alias 8 dari 10 orang ngaku kalau mereka main klik atau centang aja tanpa membaca benar-benar syarat dan ketentuan yang ditulis. Kan biasanya kalau kita daftar ke suatu situs, ada keluar tulisan "I have read and understand this agreement" tuh. Nah itu harusnya dibaca dulu, jangan langsung diklik aja tanpa dibaca.

Pelanggaran lain soal memakai 1 password untuk banyak akun juga dilakukan oleh 45% partisipan, hampir setengahnya, jadi ya kurang lebih 1000 orang dari 2000 partisipan tadi. Lha kamu gimana, apa gitu juga? Nggak perlu ngaku apalagi manggut-manggut, cepetan ganti aja kalau memang beneran nglakuin juga. Mumpung akun-akun masih aman.

Trus yang lebih mengkhawatirkan lagi nih, 3 dari 10 partisipan jarang banget atau bahkan kagak pernah mengganti passwordnya. Pakai kata sandinya ya itu-itu aja sejak zaman baheula kala, yang dipakai nama mantan pacar pas SMP pula, aish…belum move on rupanya.
Dan 1 dari 5 partisipan ngaku suka nghapus postingan atau foto yang pernah mereka upload di media sosial karena merasa khawatir kalau-kalau udah kelewatan dalam buka-bukaan. Jangan kebanyakan komen deh, aturan 「diam itu emas」 masih berlaku kok termasuk di dunia internet.

Nah itu dia beberapa rule yang sebaiknya kamu perhatikan, taati, dan lakukan gaes kalau mau aman selama nongkrong di dunia maya. Selamat segera mengganti password :)

Sumber : dailymail