Kamu 'Tukang Ngorok'? Ternyata Mudah Banget Menghentikannya, Dijamin Ampuh Dengan 8 Cara Simpel Ini, No 1 Sangat Simpel Banget..

Ngorok? Duh...benar-benar bikin ilfeel deh. Lantas, gimana nih menghilangkan kebiasaan mendengkur ini? Tenang, sebelumnya kamu mesti paham alasan mengapa kita bisa tidur ngorok.



Ternyata mendengkur ini bisa terjadi karena kita salah posisi tidur, keletihan, kegemukan, radang tenggorokan, bertambah usia sampai penggunaan obat tidur atau obat tenang.

Proses mendengkur terjadi saat udara enggak bisa bergerak dengan lancar ketika melewati hidung atau mulut kita. Ketika kita tidur, otot tubuh menjadi lebih rileks, termasuk di bagian atas pernapasan. Akibatnya, ruang masuk udara ke tubuh kita pun semakin sempit. Karena itu, waktu udara dihirup atau dihembuskan, bagian pernapasan atas kita yang sedang rileks tersebut ikut bergetar sehingga menghasilkan suara.

Lantas, apa bahaya mendengkur ini? Ternyata mendengkur bisa sampai menyebabkan kematian. Dalam istilah kedokteran, mendengkur yang berbahaya ini dinamakan Obstructive Sleep Apnea. Gangguan ini membuat napas seseorang sering terhenti sendiri hingga akhirnya berhenti napas sesaat sekitar 10 detik sampai 1 menit.

Penyakit yang bisa ditimbulkan oleh gangguan ini diantaranya adalah tekanan darah tinggi, stroke, depresi, diabetes sampai kerusakan pada otak. Kendati demikian, mendengkur ternyata juga bermanfaat untuk membakar jumlah kalori yang lebih besar.

Penelitian dari sebuah universitas di California, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa orang yang mendengkur secara teratur dapat membakar kalori sebesar 2000 kalori dalam satu hari. Sedangkan orang yang mendengkur sekali-sekali dapat membakar kalori dalam tubuh sebesar 1626 kalori per hari.



Meski sedikit bermanfaat, kamu yang ingin menghilangkan hobi mendengkur bisa mencoba memakai cara simpel ini. Penasaran apa saja? Yuk, simak:

1. Ganti Posisi Tidur Menyamping  
Posisi tidur ternyata berpengaruh. Biasanya bunyi dengkuran akan terdengar saat tidur dengan posisi telentang. Dengkuran terjadi ketika langit-langit rongga mulut, lidah, otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan. Karenanya, coba ubah posisi tidur Anda dengan cara tidur menyamping.

Rata-rata orang mendengkur juga karena posisi kepala mereka yang terletak jauh ke belakang dari letak bantal. Mengatasi hal itu, coba Anda gunakan bantal yang lebih untuk menopang kepala.

2. Kurangi Berat Badan Kalau Kamu Gendut  
Orang yang bertubuh gemuk cenderung memiliki kemungkinan mendengkur lebih banyak dibandingkan orang kurus. Tubuh gemuk bisa mengakibatkan adanya penumpukan lemak dan penyempitan pembuluh darah.

Coba berdiet dan olahraga teratur. Kalau berat badanmu sudah berkurang, coba bandingin gimana hasilnya.

3. Hindari Alkohol atau Obat Penenang 
 Alkohol dan obat penenang merupakan salah satu penyebab utama dari mendengkur. Obat penenang dan alkohol dosis rendah cenderung dapat menekan saluran pernafasan dan mengganggu relaksasi otot.

Cobalah menghindari alkohol dan obat penenang. Selain tubuh menjadi sehat, kamu juga terhindar dari tidur mendengkur.

4. Pantang Makan dan Minum Susu Sebelum Tidur  
Rasa lapar biasanya datang kapan saja, termasuk saat hendak tidur. Tapi hal ini bisa diatasi dengan cara mengatur waktu makan. Jangan sampai, beberapa jam sebelum tidur Anda menghabiskan makanan 'berat' yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat.

Minum susu sebelum tidur ternyata juga ikut berpengaruh. Pasalnya, produksi lendir dalam mulutmu akan bertambah banyak. Dikhawatirkan lendir ini bisa bikin saluran tenggorokanmu tertutup dan menyebabkan mendengkur.

5. Pakai Handuk Hangat dan Hirup Uap Airnya  
Menghirup uap air bisa membantu membersihkan rongga hidung. Sebelum tidur, coba basahi handuk dengan air hangat dan hirup uapnya. Lakukan cara ini selama 10 menit.

Cara ini akan menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat. Udara kering yang masuk ke rongga hidung juga bisa dicegah. Udara yang kering sering memperparah mendengkur menjadi lebih buruk.

6. Nyanyi Ala-Ala Pedangdut Ayu Ting Ting atau Idola Kamu   
Memiliki hobi bernyanyi ternyata bisa membantu menghilangkan hobi mendengkur. Coba saja cari lagu yang memiliki banyak nada tinggi lalu nyanyikan. Mungkin suaramu enggak merdu alias cempreng, tapi dengan bernyanyi otot tenggorokanmu akan mengendur.

Beberapa lagu yang memiliki nada tinggi diantaranya adalah "Someone Like You" - Adele, "The Power of Love" - Celine Dion sampai yang lokal macam "Suara Hati" milik Ayu Ting Ting.

7. Minum Jus Anti 'Ngorok', Enggak Cuman Enak, Ada Manfaatnya 
Untuk membuat jus "anti ngorok" ini, kamu cuma butuh 2 apel, 2 wortel, seperempat lemon, dan 1 ruas jahe. Kamu hanya perlu memotong kecil-kecil bahan tersebut, blender, lalu minum beberapa jam sebelum tidur.

Air lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi hingga bisa membersihkan dahak. Jahe pun berguna mencegah infeksi saluran pernafasan. Sedangkan apel dan wortel memiliki kandungan serat yang bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

8. Ramuan Tradisional 'Anti Ngorok' Ini Juga Gampang Dibuat 
Selain mampu menyehatkan lambung dan menghilangkan jerawat, kunyit juga berguna untuk menghilangkan suara mendengkur. Caranya pun cukup mudah. Tinggal parut kunyit dan rendam ke dalam segelas air hangat. Kalu ingin manis bisa ditambah 2 sendok makan madu.

Kandungan kurkumin dalam kunyit membuat sel tubuh menjadi tidak mudah rusak. Antioksidan, antiinflamasi yang terkandung dalam kunyit bisa melawan sel jahat dalam tubuhmu.

Bagaimana?mudah bukan caranya, selamat mencoba!

sumber:wowkeren.com