Hati-hati Jika Ada Beberapa "Garis Ini" Di Kuku Mu, Itu Mungkin Tanda Kamu Kurang Sehat! Segera Lakukan Hal-Hal Berikut Jika Kamu Menemukannya!

Kuku bisa dibilang merupakan cermin yang dapat memantulkan seluruh permasalahan tubuh kita. Misalnya, bila tiba- tiba terdapat garis halus yang muncul pada permukaan kuku, atau bila permukaan kuku menjadi kasar, maka bisa menandakan bahwa tubuhmu sudah lelah, kurang tidur, atau otak bekerja terlalu keras. Bila sobat Cerpen menemukan keadaan seperti ini, tandanya kamu sudah membutuhkan istirahat, nih!



Selain istirahat yang cukup, tubuh juga memerlukan pasokan vitamin dan protein yang cukup. Penyebab munculnya garis halus pada permukaan kuku adalah kekurangan Vitamin A. Kalau kamu mengalami kondisi ini, perbanyaklah mengonsumsi makanan dan buah- buahan yang kaya Vitamin A, seperti: pir, apel, pisang, semangka, sawi putih, tomat, labu, timun, terong dan kacang hijau.


Bila garis halus yang muncul sudah berwarna hitam seperti foto di atas, maka tandanya fungsi hati dan ginjalmu mulai menurun, dan toksin pada tubuhmu meningkat. Dalam kondisi seperti ini kamu harus mengonsumsi makanan yang dapat memulihkan fungsi hati, seperti: ikan-ikanan, kacang- kacangan,susu dan makanan berprotein tinggi lainnya, untuk memulihkan ginjal: teripang, udang, telur, wijen hitam dan lain- lain.


Bila garis halus yang muncul berwarna biru, maka artinya adalah tubuhmu kekurangan oksigen. Hal ini bisa disebabkan oleh pneumonia atau infeksi paru- paru dan jantung. Perbanyaklah mengonsumsi makanan seperti pir, anggung, lobak, dan delima.

Perhatian akan membentuk kebiasaan yang baik dan teratur. Namun, meski kamu tidak menemukan tanda- tanda aneh pada kukumu, akan sangat baik bila kamu semua dapat memelihara kebiasaan hidup dan makan sehat sejak awal. Biasakanlah untuk perbanyak makanan yang mengandung protein dan nutrisi tinggi, seperti susu, telur, kacang- kacangan, dan ikan. Pada saat yang sama, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin, zink, zat besi, kalsium dan nutrisi lainnya untuk menyeimbangkan kemampuan tubuh.

Untuk memulihkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, beberapa makanan di bawah ini sangat bermanfaat:


1. Kacang hijau
Kacang hijau mengandung protein yang sangat tinggi, sangat bermanfaat untuk lambung dan usus.

2. Lengkeng kering
Lengkeng dapat melancarkan peredaran darah, menstabilkan mood dan meredakan tekanan. Lengkeng mengandung gula, protein dan nutrisi lainnya  yang dapat memulihkan berbagai permasalahan tubuh.


3. Kacang merah
Kacang merah sangat kaya akan vitamin, konsumsi semangkuk bubur kacang merah setiap hari, maka bentuk  tubuhmu akan terjaga, kulitmu pun menjadi halus dan lembut. Bubur kacang merah juga aman dikonsumsi oleh semua kalangan, dari balita hingga lansia.

4. Wijen hitam
Meski sangat kecil, namun wijen hitam mengandung protein dan vitamin yang sangat tinggi. Manfaat kesehatan wijen hitam juga sangat banyak, ia memulainya dari melancarkan dan meningkatkan fungsi darah. Bila peredaran darahmu baik, maka fungsi organ  tubuhmu juga akan bekerja dengan lebih baik.

5. Yang tak kalah penting, susu dan susu kacang.
Produk susu sangat baik untuk kesehatan, terutama susu kacang alami tanpa gula.

Sumber: How