Miris! Sangking Miskinnya, Negara Ini Tidak Memiliki Apa-Apa Lagi Selain "Uang"! Bahkan Warganya Melakukan "Hal Di Luar Nalar" Ini Untuk Bertahan Hidup!

Di ujung Afrika ada satu negara yang tidak dapat ditemukan di peta, nama negara tersebut adalah Somalia, sebelumnya negara ini adalah jajahan Inggris, dan akhirnya negara ini menyatakan kemerdekaannya pada awal tahun 1991, namun pernyataan kemerdekaan ini belum diakui secara internasional.



Somalia diakui sebagai salah satu daerah miskin dan terbelakang di dunia, tapi setiap keluarga di sini sangatlah kaya! Jadi apa ya yang menjadikan Somalia salah satu negara termiskin di dunia? Hal ini dikarenakan tingkat inflasi yang terlalu tinggi.



Somalia memiliki pasar yang unik dengan menjual uang kertas, yaitu pasar Hargeisa, di mana-mana penuh dengan tumpukan uang kertas untuk dijual. Mata uang lokal Somalia, Shilling dikeluarkan pada tahun 1994 oleh "National Bank of Somalia". 1 USD dapat ditukar dengan sekitar 7000 Shilling.



Karena keadaan ekonomi yang melemah, jadinya rakyat ingin menukarkan uang Shilling mereka ke mata uang asing yang dianggap memiliki nilai tukar lebih tinggi. Jual beli mata uang asing di pasar yang menjamur ini dianggap legal di Somalia dan tidak melanggar hukum.



Di sepanjang pasar kamu akan melihat tumpukan uang di mana-mana layaknya brankas bank negara dan itulah yang membuat pasar ini menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi wisatawan! Orang-orang yang melakukan perjalanan ke negara ini membuat candaan dengan mengatakan pasar Hargeisa di Somalia ini hampir setara terkenalnya dengan Wall Street New York! Hahahahaha....



Pasar ini ada di lapangan terbuka, para penjual melakukan transaksi di bawah terik matahari. Fakta yang mengagetkan adalah dengan tumpukan uang yang begitu banyak, namun tidak ada tindakan kriminal apapun yang terjadi, tidak ada perampokan, pencurian dan tindak kejahatan sejenis. Di sana sangatlah aman!


Sahabat Cerpen tau gak kenapa gak ada tindakan kriminalitas yang terjadi? Alasannya sederhana, karena semua orang yang lalu lalang berasal dari keluarga yang juga punya uang berlimpah!

Tau gak sih, ternyata kerjaan orang Somalia tiap harinya hanya menghitung uang loh.... ckckckckckckck.... Katanya setiap harinya bisa menghitung uang sampai tanggannya keram, sahabat Cerpen!

Buat kamu yang masih penasaran boleh deh coba beli tiket jalan-jalan ke Somalia^^ Cerpen tunggu aja update foto dari sahabat Cerpen!

Sumber: BH