Pria Ini Mendiamkan "Lekukan-Lekukan Kecil" yang Ada di Kakinya Selama 20 Tahun dan Akhirnya Dia Harus Hidup dengan Penyesalan Selamanya!

Baru-baru ini ada seorang pria berumur 50 tahun yang masuk ke sebuah rumah sakit dengan kaki yang "dipenuhi cacing-cacing" biru yang memenuhi kakinya. Dokter langsung mengetahui kalau ini adalah urat-urat yang terlihat karena pekerjaan berat yang selalu dilakukan oleh pria ini (sebut saja Jacky).



(Garis-garis merah yang ada di gambar hanya tanda supaya Sobat Cerpen melihat posisi urat-uratnya lebih mudah)
Sebenarnya hal ini tidak mengganggu Jacky sama sekali pada awalnya. Dia menyadari adanya pembuluh darah yang mencuat pada kakinya, tapi karena tidak menimbulkan efek apapun, Jacky pun membiarkannya. Tapi hari demi hari, tahun demi tahun, semua ini terus bertambah dan sampai suatu hari, ada rasa nyeri dan gatal pada kaki Jacky. Setelah diperiksakan ke dokter, baru diketahui kalau Jacky menderita varises.

Tidak hanya Jacky, banyak orang bisa menderita varises. Orang-orang seperti apa yang sangat mungkin menderita varises?
1. Orang-orang dengan catatan medik dari keluarganya. Mereka yang orangtuanya menderita atau mudah menderita varises memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menderita varises.

2. Orang-orang yang bekerja sebagai guru, pelayan, waiter, buruh, dan pekerjaan lainnya yang memerlukan kita untuk berdiri lama atau mengangkat barang berat.

3. Wanita hamil atau orang-orang dengan obesitas parah berada dalam kondisi yang tidak terlalu menguntungkan.

4. Orang-orang dengan usia yang lebih tua.

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa mencegah hal ini terjadi?
1. Pakailah kaus kaki yang elastis dan nyaman untuk orang-orang yang harus berdiri cukup lama atau mengangkat beban berat.

2. Pakai sepatu yang nyaman, kurangi penggunaan sepatu hak tinggi.

3. Jaga postur dan keadaan tubuh, olahraga yang cukup tapi tidak berlebihan sehingga otot dan pembuluh darah terbiasa menerima beban yang sedikit lebih.

4. Hindari duduk dalam waktu yang lama tanpa mengganti posisi.

5. Jaga berat badan. Walaupun obesitas tidak menjadi penyebab utama varises terjadi, tapi berat badan yang berlebihan bisa menambah beban pada kaki sehingga pembuluh darah melebar.

6. Sebelum tidur, ambil beberapa waktu untuk mengangkat kaki tinggi-tinggi supaya seluruh darah tidak terkumpul di kaki setelah aktivitas seharian. Kompres es yang sederhana juga bisa membantu.

7. Kalau anda mulai merasa kaki anda sakit atau sedikit bengkak, anda bisa mencoba memijitnya perlahan dengan krim.

8. Untuk orang-orang yang memiliki faktor keturunan, berolahraga teratur bisa menjadi teman baikmu sebelum umur 30 tahun untuk mencegah hal ini terjadi pada anda.

Varises seringkali diremehkan oleh banyak orang karena seringkali penyakit ini datang tanpa mengganggu kehidupan kita. Tapi hal ini sama sekali tidak boleh diremehkan. Pencegahan dini harus dilakukan karena kalau varises terus dibiarkan, bisa menjadi parah dan kalau pembengkakan yang tiba-tiba terjadi, bukan tidak mungkin seseorang harus langsung mendapat perawatan medis darurat!

Source: Greatdaily